Wecome


Click here for Myspace Layouts
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Kamis, 24 Juni 2010

BAB 3 Laporan PKL

BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN


Pada bab ini, dibahas mengenai analisis dan perancangan dari program yang
dibuat.

3.1 Analisis Masalah
Program komputerisasi ini merupakan suatu aplikasi yang memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Dapat mengetahui jumlah obat yang di beli dalam kurun waktu tertentu (hari, bulan tahun).
2. Terdapat grafik yang menunjukan jumlah obat yang paling sering di beli oleh konsumen.

3.2 Jenis Perangkat Lunak Dan Perangkat Keras Yang Di Pakai
Untuk mengimplementasikan sistem yang telah dibuat dibutuhkan fasilitas dan peralatan yang mendukung beroperasinya sistem tersebut, karena sistem baru ini hanya berjalan jika didukung fasilitas dan peralatan seperangkat komputer, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak komputer.


3.2.1 Jenis Perangkat Lunak Yang Dipakai
 Sistem operasi windows XP SP2 Profesional
 XAMPP 1.5.3
 Bahasa pemrograman PHP version 5.1.4
 Mozilla Firefox (2.0.0.11)

3.2.2 Jenis Perangkat Keras Yang Dipakai
 Personal Computer Processor : Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 2.80GHz.
 Memory : 512 MB RAM.
 Harddisk : 80 GB.
 Monitor : Samsung 1024 x 768 (32 bit) (60Hz).
 VGA : 64 MB.









3.3 Strategi Pemecahan Masalah
Penulis merumuskan beberapa alternative pemecahan masalah untuk menyelesaikan masalah di atas, yaitu sebagai berikut :
1) Merancang prototype pelaporan yang dapat memudahkan pegawai bag pembelian (gudang).
2) Membangun sebuah aplikasi pelaporan yang menggunakan bahasa pemrograman open source sehingga bisa digunakan di berbagai sistem operasi (LINUX, UNIX, Macintosh, Windows).
3) Tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi sistem pelaporan karena sistem hanya bisa di gunakan oleh pegawai bag pembelian yang sudah mempunyai hak akses.
Maka dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas proses pembuatan laporan transaksi pada Apotek Otista.

3.4 Perancangan Berorientasi Objek
Perancangan ini dilakukan dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language). UML adalah metode pemodelan secara visual sebagai sarana untuk merancang dan atau membuat software berorientasi objek. Karena UML ini merupakan bahasa visual untuk pemodelan bahasa berorientasi objek, maka semua elemen dan diagram berbasiskan pada paradigma object oriented.


3.5 Use Case Diagram
Use case diagram menentukan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah system. Sebuah use case mempresentasikan sebuah interaksi antara actor dengan system. Untuk membuat sebuah use case diagram terlebih dahulu tentukan actor yang terlibat dalam system.

1. Aktor
Untuk aktor yang terlibat dalam sistem ini , dapat dilihat pada tebel 3.1 berikut ini :
Tabel 3.1 Aktor yang ada pada use case
NO Aktor Definisi
1





Pegawai Bag Pembelian Pegawai bagian pembelian yang bertugas dapat melakukan :
1. Login
2. Pencatatan transaksi pembelian
3. Delete data
4. Pencarian data
5. Mencetak laporan
6. Logout
2 Distributor Yang melakukan pengiriman obat dan data obat yang di beli ke pihak apotek
2. Use case yang ada pada aplikasi ini adalah :
a. Pegawai Bag Pembelian : login, penginputan data, pengeditan data, cari data, mencetak data, logout.
b. Distributor : Melakukan pengiriman obat dan data obat yang di beli ke pihak apotek.

















3.6 Diagram Uce case





















3.6.1 Skenario
Skenario merupakan penjelasan lebih detail dari kasus (case) dari awal hingga akhirnya diperoleh sebuah output.
Tabel 3.2 use case login
Identifikasi Use Case Keterangan
Use case Name Login
Actor Admin
Brief Description Admin meng upload data informasi
Precondition Admin memasukan E-mail dan password yang telah ditntukan sebelumnya.
Main flow 1. Admin memasulan E-mail dan password kemudian menakan tombol Enter pada keyboad
Alternative flow Jika Admin Salah memasukan E-mail dan password salah atau tidak di isi maka akan muncul peringatan.
Post Condition Admin masuk kehalaman utama.




Tabel 3.3 use case Informasi Kecamatan
Identifikasi Use Case Keterangan
Use case Name Informasi Kecamatan
Actor Pegawai Admin
Brief Description Pegawai Admin meng Upload data Informasi
Precondition 1. Admin log in telah login
2. Halaman utama tampil dilayar
Main flow Admin memasukan ( upload ) data informasi dari bagian lain
Alternative flow Jika data telah selesai di Upload maka data sudah siap untuk di Publikasikan.




Tabel 3.4 use case delete Informasi
Identifikasi Use Case Keterangan
Use case Name Hapus Informasi
Actor Pegawai bag Admin
Brief Description Pegawai bag admin men delete data informasi yang ada dalam Web
Precondition 1. Pegawai bag admin telah login
2. Halaman utama tampil dilayar

Main flow Pegawai bag Admin menghapus informasi yang telah Upload
Alternative flow Jika data telah selesai di hapus maka akan tampil informasi bahwa data telah dihapus.


Tabel 3.5 use case cari data
Identifikasi Use Case Keterangan
Use case Name Cari data
Actor Pegawai bag pembelian
Brief Description Pegawai bag pembelian mencari data berdasarkan tanggal.
Precondition 1. Pegawai bag pembelian telah login
2. Halaman utama tampil dilayar
3.Jika tombol cari ditekan maka data dicari akan tampil.
Main flow Pegawai bag pembelian mencari data yang telah diinput.
Alternative flow Jika data dicari ada maka akan tampil,jika tidak tampil maka data tidak ada atau tidak ditemukan.
Post Condition Data yang dicari ditampilkan.







Tabel 3.6 use case cetak
Identifikasi Use Case Keterangan
Use case Name Cetak data
Actor Pegawai bag pembelian
Brief Description Pegawai bag pembelian mencetak laporan.
Precondition 1. Pegawai bag pembelian telah login
2.Halaman utama tampil dilayar
3.Jika tombol cetak ditekan maka akan langsung tampil perintah print dilayar.
Main flow Pegawai bag pembelian mencetak data yang telah diinput.
Alternative flow Jika data laporan yang akan dicetak maka akan otomatis print.
Post Condition Laporan dicetak.
Diagram use case menggambarkan aktor-aktor dan aktifitas-aktifitas yang terlibat dalam aplikasi yang ada pada Apotek Otista.

3.7 Diagram Kelas (class diagram)


















3.8 Diagram Statechart (Statechart Diagram)
Diagram statechart yang ada dapat dilihat pada gambar 3.3 sampai 3.7
1. Statechart diagram login



















2. Statechart diagram input data





















3. Statechart diagam hapus data





















4.Statechart diagram cari data





















5. Statechart diagram cetak laporan





















3.9 Diagram Aktifitas (Activity Diagram)
Diagram aktifitas yang ada dapat dilihat pada gambar 3.8 sampai gambar 3.12

1. Activity diagram login













Gambar 3.8 Activity diagram login



2. Activity diagram input data


















Gambar 3.9 Activity diagram input data


3. Activity diagram hapus data













Gambar 3.10 Activity diagram hapus data







4.Activty diagram cari data
















Gambar 3.11 Activity diagram cari data




2. Activity diagram cetak laporan















Gambar 3.12 Activity diagram cetak laporan





3.10 Diagram Sequence (Sequence Diagram)
Diagram sequence yang ada dapat dilihat pada gambar 3.13 sampai gambar 3.18

1. Sequence Diagram login















Gambar 3.13 Sequence diagram login

2. Sequence Diagram Input Data
















Gambar 3.14 Sequence diagram input data




3.Sequence Diagram hapus data
















Gambar 3.15 Sequence diagram hapus data




4.Sequence Diagram cari data

















Gambar 3.16 Sequence diagram cari data



5.Sequence Diagram cetak laporan

















Gambar 3.17 Sequence cetak laporan



6.Sequence Diagram Logout


















Gambar 3.18 Sequence diagram logout


3.11 Rancangan Antar Muka (User Interface)


1. Tampilan Login





Gambar 3.20 Perancangan Interface Login












2. Halaman Utama





















3. Halaman Data Transaksi


4. Halaman Data Transaksi


















4. Form Input Data Transaksi





















5. Form Cari Data Transaksi





















6. Halaman Data Obat





















7. Halaman Grafik

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gambarnya kok tidak muncul gan..

Posting Komentar