Wecome


Click here for Myspace Layouts
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 14 Januari 2011

KARAKTER MANUSIA DENGAN KOMPUTER

KARAKTER MANUSIA DENGAN KOMPUTER
• Karakteristik manusia sebagai pemores Informasi
• Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain:
o Model – model arsitektur kognitif
o Teori tentang memori, persepsi, kemampuan motorik, motivasi, dll
Language, Communication and Interaction
• Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari:
o Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena dan bahasa
Ergonomics
• Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja
• Beberapa parameter dan aspek yang diperhatikan antara lain:
o Antropometri manusia dalam kaitannya dengan lingkungan kerja.
o Masalah yang berkaitan dengan aspek kelelahan bagi manusia
Computer System and Interface Architecture
(C)
Input and Output Devices
• Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer
Dialogue Techniques
• Arsitektur software dasar dan teknik – teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam dialog
Dialogue Genre
• Gaya / metode yang digunakan, antara lain:
o Penggunaan metafora
o Metode – metode yang relevan dengan media lain misal : film, grafis.
o Aspek estetika
Computer Graphics
• Konsep – konsep dasar dari tampilan komputer
o Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi
o Transformasi linear
o Tampilan warna

Dialogue Architecture
• Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user
o Model- model referensi dialog pada sistem ( dialogue system reference models )
o Model – model pencitraan pada layar (screen imaging models)
o Windows manager models
o Multi user interface architecture
Development Process (D)
Design Approaches
• Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain, antara lain:
o Ilmu tentang desain grafis
o Proses pengembangan system
o Teknik analisa kerja
o Desain industrial
Implementation Techniques and Tools
• Cara- cara dan peralatan implementasi
o Hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi
o Independensi dan reusability, independensi aplikasi, independensi peralatan.
o Teknik prototype
o Peralatan dialogue
o Method berorientasi objek
o Representasi data & algoritma
Evaluation Techniques
• Metode - metode spesifik untuk evaluasi
o Productivitas
o Aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dll
Example Systems and Case Studies
• Command oriented
o PC DOS
o Airline check in
• Graphics- oriented
o Windows
o Apple macintosh
• Frame base
o hypercard

ari wibowo

0 komentar:

Posting Komentar