Wecome


Click here for Myspace Layouts
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 14 Januari 2011

User Interface atau Antar Muka

User Interface atau Antar Muka dalam aplikasi berbasis web, merupakan bentuk grafis yang akan dihadapi saat user menggunakan menggunakan aplikasi melalui bantuan browser Dalam pembuatan analisis interface pada sebuah web saya akan coba menganalisis interface pada sebuah web yaitu permaisuru.com tapi web ini bayak memfokuskan pada penjualan Velg dan pejual ban mobil terutama pada penjualan mobil mobil mewah contoh BMW Seris,Alphard,Vellefire.hal ini terlihat dari tidak di temukan velg dan ban mobil untuk merek tertentu tetapi untuk velg dan ban mobil mewah bayak tersedia beserta model modelnya.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dan Pembelian di web ini sebaiknya melakukuan registry (sign in) terlehdahulu sebagai member.Proses register sangat mudah cukup mengisi E-mail dan alamat penguna jika sudah maka penguna akan mendapatakn user name dan password ke E-mail yang telah anda isi kan tadi .jika user tidak melakuan login terlebih dahulu (baik yang sudah registry atau belum) maka user tidak dapat membuka beberapa fitur cotohnya tire calculator,member calculator,member area.selain itu juga user tidak dapat melihat produk secara rinci dan pastinya tidak dapat memesan produk.
Sekarang Tentang usability dari website permaisuri.com. Usability itu sendiri adalah ukuran seberapa mudah suatu interface dapat digunakan oleh penggunanya (user). Faktor-faktor yang mempengaruhi usability diantaranya adalah learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfatction.







Gambar 1. Halaman muka dari situs permaisuri.com
Halaman muka (beranda) website Permaisuri.com cukup menggambarkan halaman muka yang baik dari sebuah antarmuka ( interface) untuk sebuah website. Karena dapat menjelaskan bahawa isi dari website tersebut adalah berjualan perangkat otomotif yang terutama difokuskan kepada penjualan velg dan ban mobil. Namun, mungkin bagi masyarakat awam yang tidak mengerti sama sekali tentang otomotif, bila pertama kali mengakses situs ini akan mengira bahwa situs ini berjualan mobil, bukan velg/ban mobil. hal tersebut terjadi karena tampilan flash yang ada dan dominan pada halaman muka adalah gambar mobil yang terus-menerus berganti. Tetapi jika kita scroll sedikit kebawah, kita akan sadar bahwa situs ini berjualan velg/ban.
Selain itu tab-tab atau link-link yang ada pada website ini dibuat sesuai dengan contoh link secara umum, sehingga memudahkan user untuk melakukan pencarian atau pembelian. Link-link yang berupa gambar (baik gambar velg maupun logo dari merk velg) juga cukup jelas, sehingga user tahu bila dia mengklik link tersebut, dia akan langsung dilink ke produk tersebut. Hal tersebut memenuhi kriteria learnability yang baik, karena akan mudah dimengerti oleh user.
Namun ada hal yang mengurangi usability dari situs ini, salah satunya adalah nama situs yang muncul pada tab browser anda bukanlah permaisuri.com, melainkan velg mobil indonesia. Hal ini akan membingungkan user tentang keberadaannya ketika dia sedang membuka banyak tab di browser, apakah dia berada di permaisuri.com atau di velg mobil indonesia?
Untuk errors situs ini memperkecil peluang terjadinya error dengan menggunakan dropdownlist dan checkbox pada hampir semua tempat sebagai inputan informasi dari user. Hal ini sangat baik, karena bila input dilakukan dengan menggunakan textbox akan memperbesar terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh user, seperti kesalahan pengejaan, dll.
Menurut saya, kesalahan yang mungkin dilakukan user adalah kesalahan dalam memasukkan inputan pada saat login (lupa username / password, dll).
Untuk satisfatction, situs ini hanya menawarkan sedikit user experience, yaitu hanya melalui flash yang ada dihalaman awal, selebihnya hanyalah gambar-gambar statis. Namun cukup memberikan kesenang an, karena gambar-gambar yang dimuat memiliki kualitas yang baik dan gambarnya bagus (yaiyalah, mobilnya bikin ngiler semua euyy). Saran dari saya, akan lebih menarik jika fitur tire calculator, yang merupakan fitur yang sangat memberikan informasi tentang komposisi ban dan velg yang benar, bisa diberikan animasi / flash dalam memperlihatkan hasil kalkulasinya. Saya rasa hal tersebut akan memberikan user experience yang berbeda.

Gambar 2. Halaman tire calculator dari situs permaisuri.com
Selebihnya untuk efficiency dan memorability saya rasa situs ini sudah bisa memberikannya secara baik. Karena tab-tab, link-link, ataupun task yang ada pada situs ini disusun sesuai desain pada umumnya. Seh ingga membuat user mudah menggunakan situs ini dan mudah mengingatnya bila sewaktu-waktu ingin membukanya kembali.
after all saya rasa ini adalah sebuah situs yang baik dan bermanfaat. Nantikan post saya selanjutnya mengenai situs permaisuri.com ini.
terimakasih =)
Posting kali ini akan melanjutkan posting sebelumnya, yaitu menganalisa interface yang terdapat pada situs permaisuri.com.
Faktor-faktor yang akan dibahas pada posting kali ini adalah windowing, coloring, messaging, SERP, user experience, dan lain lain.
Windowing, mengapa windowing menjadi penting dalam suatu interface? alasannya adalah windowing menjadi penentu, apakah user akan paham akan apa yang akan disampaikan oleh interface tersebut atau malah salah menafsirkan. Karena windowing merupakan tata letak dari apa yang akan diperlihatkan oleh suatu interface pada layar monitor anda.
Pada situs permaisuri.com, windowing yang ada dirasakan kurang baik. Karena halaman yang terdisplay dilayar monitor tidak lah secara langsung menggambarkan apa yang diinginkan. Seperti contohnya halaman muka (beranda) dan halaman tire calculator. Pada halaman muka, display dari situs terpotong hanya sampai pada bagian flash yang menunjukkan gambar-gambar mobil (hal ini terjadi jika layar dalam kondosi zoom normal, tidak diminimize atau maximize). Hal ini akan membingungkan user, terutama orang awam, karena mereka akan mengira bahwa situs permaisuri.com adalah toko mobil online, karena gambar yang terdisplay adalah gambar mobil. Baru ketuka sedikit discroll kebawah kita akan menetahui bahwa situs ini sebenarnya menjual velg dan ban mobil. Akan lebih baik jika proporsi display pada windowing di perhatikan, seperti misalnya diberikan sedikit gambar dari velg yang muncul (muncul tapi terpotong), sehingga membangkitkan rasa ingin tahuuser, dan akhirnya menscroll kebawah. Atau diberi penjelasan berupa text yang menujukkan situs ini berjualan velg dan ban mobil. Atau posisi gambar velg dan ban ditukar dengan posisi flash yang berada diatasnya.

Gambar 1. Halaman muka sebelum discroll (kiri) dan sesudah (kanan).

Selain pada halaman muka, pada halaman tire calculator juga terjadi hal demikian. Display yang pertama kali terlihat adalah gambar sketsa dari komposisi ban dan velg serta ukurannya. Padahal hasil dari kalkulasi (perhitungan) ada di bagian bawah, dan tidak ada bagian yang muncul keatas samasekali. Ini akan menimbulkan peluang untuk user tidak melihat hasil kalkulasi tersebut. Saya rasa solusinya hampir sama dengan yang telah saya bicarakan pada halaman muka.
Selanjutnya adalah coloring dan messaging. Untuk coloring saya rasa tidak ada masalah, karena pemilihan warna (baik background maupun gambar) sudah tepat dan menggambarkan kemewahan yang memang ingin ditunjukkan.

Untuk messaging saya rasa juga sudah cukup baik, karena sesuai standar. Karena untuk inputan sudah menggunakan dropdownlist dan checkbox saya rasa messaging untuk kesalahan input tidak diperlukan. Messaging yang ada hanyalah pada saat kita registrasi (misalnya ada yang kurang lengkap), pada saat login (username/passworrd salah atau tidak cocok), atau pada saat tidak ditemukan satupun pencarian.
Untuk SERP atau Search Engine Result Page, situs ini memiliki kolom pencarian, yang informasinya pencariannya sudah dibagi kedalam beberapa kategori (untuk mempersempit pencarian). Hasil dari pencarian (SERP) yang ditampilkan sudah baik, apa bila produk yang kita cari ada, maka gambarnya langsung muncul, tetapi jika tidak akan muncul tulisan “no product found”. Namun yang menjadi sedikit kekurangan menurut saya, adalah terlalu seringnya muncul tulisan “no product found” tersebut, yang akhirnya kita hanya menenukan sedikit saja dari yang kita cari. Hal ini mungkin berhubungan dengan masalah database dari situs ini sendiri, yang mungki belum semuanya di entry atau mungkin memnag barang tersebut tidak ada. Namun yang menurut saya bagus adalah situs ini memberitahukan kondisi/status dari produk tersebut, apakah masih ada stock yang tersisa atau sudah terjual (sold out). Lalu yang saya perhatikan agak berbeda adalah terdapatnya perbedaan tombol search pada beberapa halaman. Beberapa halaman menggunakan tombol “go” tetapi beberap lainnya menggunakan “search”.
Untuk user experience seperti yang telah disinggung sebelumnya, sudah cukup baik. Namun alangakah baiknya lebih banyak diberikan flash/anmasi-animasi atau video yang bisa menambah daya tarik. Karena situs ini mengangkat tema otomotif yang memang sudah menarik dan identik dengan canggih,jadi lebih baik apabila lebih attraktif dan interaktif lagi.
Yang terakhir adalah dari segi lain-lain (saya bingung mau memasukan ke kategori mana, hhehe), yang pertama ingin saya sampaikan adalah masalah kekonsistenan bahasa. Situs ini meurupakan situs lokal dan jika dilihat dari nama situs dan pengelolanya berbahasa Indonesia. Namun hampir seluruh isi situs ini berbahsa Inggris. Mungkin lebih baik jika semuanya menggunakan 1 bahasa saja. Tapi mungkin jika semuanya menggunakan bahasa Indonesia dirasa kurang pas / kurang keren, pengelola bisa menggunakan 2 bahasa, tetapi harus menitik beratkan ke salah satunya. Misalkan yang diutamakan adalah bahasa Indonesia, baiknya seluruh is situs (termasuk penjelasan dan perincian produk) menggunakan bahsa Indonesia, hanya header / tab-tabnya saja yang menggunakan bahasa Inggris, seperti Home, Autoshow,Contact Us, dll. Atau pilihan lainnya adalah dengan membuat dua vesri situs, yang satu berbahasa Indonesia yang lainya berbahasa asing.
Untuk halaman registrasi (baik pada saat mendaftar atau membeli) saya rasakan sudah cukup baik dan tidak ada masalah.
Sekian pembahan tentang tugas analis interface pada Web yang saya ketahui mohon maaf bila ada kekurangan wasalamualaikumwr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar